Cara Membuat Cireng


Bagi anda penggemar Makanan ringan tentu tidak asing dengan Makanan bernama cireng (Singkatan dari Aci Goreng) . Makanan Ringan yang satu ini mudah ditemui di pinggir-pinggir jalan, pasar dll. Pada awalnya cireng tidak seperti sekarang yang sudah banyak variasinya, cireng dibuat dengan bahan dasar tepung tanpa tambahan bahan lain dan tanpa isi. Hasilnya cireng menjadi sangat lembek dan penuh minyak setelah digoreng, sehingga kurang begitu disukai. Seiring dengan adanya inovasi cara memasak maka cireng telah berubah bentuk menjadi seperti ada yang di pasaran, tetapi tanpa meninggalkan rasa aslinya. Cireng saat ini lebih empuk dan berwarna lebih putih, ditambah dengan isi dengan berbagai pilihan rasa. Bagi anda yang ingin mencoba membuat cireng berikut cara-cara nya.

Bahan dasar cireng:

200 gr tepung tapioka, 50 gr tepung terigu, 1 batang daun bawang dan iris tipis, 1 sendok garam, 2 siung bawang putih dan haluskan, 50 ml santan kental, 75 ml air minyak untuk menggoreng.
Bahan isi:
2 bh sosis, potong-potong kecil, ½ bh bawang bombai dan cincang halus, 2 sdm saus tomat, ½ sendok garam, ½ sendok gula pasir, minyak goreng. 2 buah cabai merah, 1 siung bawang putih.

Cara membuat:

1. Aduk tepung tapioka, tepung terigu, daun bawang, dan garam.
2. Tumis bawang putih hingga harum, masukkan air dan santan, didihkan. Selagi panas, tuang ke dalam campuran tepung sambil diaduk rata. Setelah agak dingin, uleni dengan tangan hingga kalis. Bagi menjadi 24 buah, sisihkan.
3. Buat isi: tumis bumbu halus dan bawang bombai sampai matang, masukkan sosis, aduk hingga berubah warna.
4. Masukkan saus tomat, garam, dan gula pasir, masak sampai matang.
5.Tipiskan adonan cireng, isi dengan tumisan sosis lalu tutup lagi dengan adonan cireng. Goreng hingga kecokelatan. Angkat lalu hidangkan selagi hangat.
Nah itu tadi tips membuat cireng (aci goreng). Mudah-mudahan bermanfaat dan selamat mencoba.